Penanaman Ribuan Bibit Pohon Dalam Rangka HUT Kodam IX/Udayana

  • 25 Mei 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2698 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata.com – Dalam rangka HUT ke-60 Kodam IX/Udayana tahun 2017, Kodim 1616/Gianyar melaksanakan pencanangan penghijauan di Banjar Yeh Tengah, Desa Kelusa, Kecamatan Payangan, Gianyar, Rabu (24/5). Ribuan pohon berbagai jenis ditanam untuk melestarikan daerah hulu sebagai daerah penyangga air.

Danramil Ubud Mayor Arm Putu Arimbawa mewakili Dandim 1616/Gianyar menyampaikan, pada saat ini dilaksanakan pencanangan penghijauan , penanaman berbagai jenis pohon. Dalam upaya penyelamatan lingkungan rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air. Reboisasi dan penghijauan sudah  tidak dapat ditunda lagi terhadap bumi saat ini, ditengah menghadapi beberapa ancaman Global yang serius dari kepunahan dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna, kebakaran lahan dan hutan, ledakan penduduk dan sebagainya. “Maka sangat dipandang perlu dilaksanakan penanaman atau penghijauan serta pemeliharaan  dengan baik, sehingga  tumbuhnya pepohonan dengan cukup akan berfungsi dan dapat melindungi  lahan di sekitarnya,” ujar Danramil Ubud.

Dengan pemakaian lahan akan berfungsi dengan baik dalam menata air, penyerapan dan menyimpan air dan lahan menjadi subur serta kelembaban tanah terjaga. Pada momentum HUT Ke-60 Kodam IX/Udayana tahun 2017, kobarkan semangat untuk membenahi segala kekurangan dan kelemahan serta bertekad untuk memberikan yang terbaik dalam melaksanakan tugas TNI-AD. “Sebagai aparat negara dengan kemanunggalan TNI -Rakyat kita jaga keutuhan bangsa melalui kebersamaan dalam wujud kepedulian kita menanam pohon bersama masyarakat,” tambahnya.

Adapun jenis pohon yang ditanam dalam penghijauan kali ini diantaranya, bibit pohon kayu putih, bibit pohon glodok kiang, bibit pohon mahoni, bibit pohon trembesi, bibit pohon cempaka, bibit pohon sengon yang keseluruhannya berjumalh 2000 bibit pohon. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER