Percepat Pembangunan, Pemkab Klungkung Tempuh Berbagai Upaya

  • 21 April 2017
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3331 Pengunjung
istimewa

Klungkung, suaradewata.com - Guna mempercepat pembangunan infrastruktur ditengah keterbatasan anggaran, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Klungkung mesti memutar otak dan menempuh berbagai upaya. Selain gencar melakukan lobi ke pusat untuk berharap mendapat bantuan, Pemkab juga tengah melirik PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebuah lembaga keuangan nonBank berbadan hukum milik negara yang berada dibawah Kementerian Keuangan untuk mendapatkan pinjaman.

Untuk itu, bersama Direktur RSUD Klungkung dr. Nyoman Kusuma, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta turut menghadiri Sosialisasi Alternatif Pembiayaan Pembangunan Infrastruktur  Daerah di Kota Mataram, Lombok, Kamis(20/4/2017). Bertempat di Ballroom Hotel Aston, Bupati Suwirta bersama puluhan perwakilan daerah mendengarkan pemaparan dari Direktur PT. SMI, Agresius Kadiaman tentang penyediaan pembiayaan infrastruktur daerah.

Agresius Kadiaman mengatakan PT. SMI mendapat penugasan dari pemeritah pusat untuk melakukan penyediaan pembiayaan infrastruktur daerah khusus diluar pulau jawa, bekerjasama dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri. "Mengingat sebagian daerah memiliki kapasitas fiskal APBD cukup terbatas, maka pinjaman daerah merupakan alternatif instrumen pendanaan yang dapat digunakan oleh Pemda untuk membiayai pembangunan dalam rangka percepatan pencapaian target program pembangunan daerah dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat," tegas Agresius Kadiaman.

Sementara itu, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menyampaikan, alternatif pembiayaan bagi penyediaan infrastruktur sangat dibutuhkan dalam mengakselerasi pembangunan. "Percepatan pembangunan dilakukan ditengah keterbatasan anggaran, diperlukan alternatif -alternatif pembiayaan yang memungkinkan seperti PT. SMI ini dan kita harus berani berhutang, karena jika hanya mengandalkan APBD, pembangunan akan berjalan lambat,” ungkap Suwirta.

Namun dirinya menambahkan akan lebih mengutamakan pembangunan infrastruktur dan pelayanan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat serta pembangunan daerah yang memiliki potensi dalam peningkatan PAD. Dengan kemampuan PAD yang dimiliki Pemkab Klungkung, Bupati Suwirta akan mengkaji secara mendalam terkait dampak yang akan ditimbulkan oleh pinjaman serta mengukur kemampuan yang dimiliki Klungkung. jul/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER