Pengurus YKI Cabang Tabanan Masa Bakti 2016-2021 Dilantik

  • 22 Juli 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2642 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mempunyai tugas yang sangat mulia dan sosial seperti membantu Pemerintah dalam upaya pencegahan kanker, oleh karena itu para pengurus YKI Cabang Tabanan diharap terus memberikan inovasi dalam upaya menyukseskan Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) di Kabupaten Tabanan.  Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya saat mengukuhkan pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Tabanan periode 2016-2021 di Ruang Rapat Kantor Bupati Tabanan, Jumat (22/7/2016).

Wabup Sanjaya dalam sambutannya mengatakan YKI Cabang Tabanan mempunyai tugas yang sangat mulia dan sosial membantu pemerintah Kabupaten Tabanan dalam upaya pencegahan kanker. “Banyak yang sudah dilakukan YKI Tabanan dalam membantu Pemerintah dalam upaya pencegahan kanker melalui promosi kesehatan dini, pap smear, IVA, penyuluhan tentang penyakit Kanker, melalui Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP), dan Program lainnya,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, salah satu pencegahan kanker serviks di Tabanan adalah  dengan pemeriksaan IVA gratis yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2009, hingga mendapat rekor MURI. “Sejak Tahun 2009, Pemkab Tabanan telah melakukan pencegahan Kanker Serviks dengan pemeriksaan IVA gratis. Pemeriksaan IVA ini telah dilaksanakan secara massal di tahun 2012 dengan jumlah peserta 4200, hingga memecahkan rekor MURI,” ujarnya. Ditanbahkannya, hingga sampai saat ini 80% Ibu-Ibu sasaran IVA sudah diperiksa, demikian juga angka kanker Serviks  di Kabupaten Tabanan sudah sangat menurun.

Lebih lanjut, Pihaknya juga memberikan ucapan selamat atas dilantiknya para pengurus YKI. Dirinya berharap YKI Cabang Tabanan terus menyediakan layanan  dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) yang baik di sekolah dan masyarakat.  “Saya ucapkan selamat kepada pengurus YKI Cabang Tabanan Masa Bakti 2016-2021, saya berharap YKI menyediakan layanan promotif, preventif, dan sportif dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna,” katanya. Pihaknya yakin YKI Tabanan akan mampu mewujudkan hal tersebut. “Saya percaya dan sangat yakin YKI Tabanan akan mampu mewujudkannya, sehingga kesejahteraan masyarakat Tabanan dapat kita tingkatkan, dan Pemerintah Kabupaten Tabanan akan senantiasa mendukung program YKI Cabang Tabanan,” tegasnya.

Pengukuhan Pengurus YKI Cabang Tabanan masa Bakti 2016-2021 ini didasarkan pada Surat Keputusan Pengurus Pusat Yayasan Kanker Indonesia No. 181/SK.Cab./YKI/III/2016. Dalam acara pengukuhan yang berlangsung khidmat itu, Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya kembali dikukuhkan sebagai Ketua Yayaysan Kanker Indonesia Cabang Tabanan masa Bakti 2016-2021, diikuti dengan Gusti Ayu Nengah Murniati sebagai Sekretaris, dan Ni Ketut Lilik Indarti sebagai Wakil Sekretaris. ina/gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER