Banyak Status Jalan Gabeng, Dewan Minta Esekutif Lakukan Pendataan

  • 12 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3581 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles, meminta pihak eksekutif segera melakukan pendataan status ruas jalan di Bangli. Sebab, selama ini banyak jalan yang statusnya justru gabeng alias tak jelas. Karena itu, Ketua DPC Partai Demokrat Bangli ini, juga meminta agar jalan yang non status tersebut segera diperjelas dengan membuatkan Peraturan Bupati (Perbup) atas nama jalan itu.  “Pendataan dan status jalan sangat penting.Sebab, sesuai aturan hanya jalan kabupaten yang nantinya bisa didanai oleh APBD,”kata Carles saat dihubungi awak media, Minggu (12/6/2016). 

Sebelumnya Carles juga telah meminta kepada perbekel se-Kintamani untuk segera  mendata jalan di desanya kemudian diserahkan kepada Pemkab Bangli. “Kita minta perbekel agar mendata ruas jalan yang ada di desanya untuk diserahkan ke daerah. Biar status jalan jelas, mana jalan desa dan mana jalan kabupaten,”katanya. 

Bila ruas jalan nanti tidak diserahkan ke daerah, pihaknya khawatir kalau desa nanti bakal kewalahan untuk melakukan pemeliharaan maupun perbaikan.  Memang gelontoran alokasi dana desa (ADD) dari Pemkab Bangli maupun dana desa pemerintah  pusat besar, namun semua itu tentu tidak akan mempan karena banyaknya kebutuhan yang ada di desa. “Sesuai juklak dan juknis penggunaan ADD maupun dana desa, tidak semua dana bisa untuk fisik, melainkan untuk kepentingan lainnya. Karena itu pendataan status nama jalan sangat penting  ke depannya,”jelas dia. 

Dalam pertemuan dengan kepala desa di Kintamani belum  lama ini, kata dia, pihaknya juga menerima banyak keluhan terkait masih banyak jalan rusak. Karena itu, pihaknya kembali mendesak agar pemberian status jalan ini bisa dipercepat. “Soal pemberian status jalan juga telah kita sampaikan ke Bupati Bangli,”pungkas Carles. ard


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER