Center Of Excellence Akan Dibangun di Jembrana

  • 01 April 2016
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 2474 Pengunjung
suaradewata.com

Jembrana, suaradewata.com– untuk sarana edukasi serta pusat penelitian sumber energi bersih dan terbarukan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mentri ESDM Sudirman Said ketika mengunjungi lokasi tempat pembangunan di tanah perkebunan milik Pemprov Bali di Daerah Persil Nusasari Melaya. Dalam kunjungan singkatnya Menteri ESDM didampingi Sekda Provinsi Bali Cokorda Pemayun, Bupati Jembrana I Putu Artha sejumlah Dirjen di Kementrian ESDM dan Kepala – Kepala SKPD Pemkab Jembrana. 

“Hari ini kami meninjau Center Of Excellence, pusat penelitian sumber energi bersih dan terbarukan dan akan terus berjalan. Bapak Gubernur sudah mengalikasikan lokasi lahan yang ada di Jembrana. Kementrian sudah membuat sayembara untuk desain lokasi dan sudah selesai saya kira pertengahan tahun ini sudah di mulai tahapan pembangunan. Dan jika land clearing (pembersihan lahan) sudah selesai tahun ini, maka 2017 pembangunan ini sudah bisa diaktifkan” kata Sudirman. 

“Dengan pembangunan pusat penelitian sumber energi bersih dan terbarukan ini diharapkan menjadi trigger (pemicu) bagi kegiatan di daerah ini agar lebih hidup. Dan diharapkan nantinya akan memancing investasi dan hal positif lainnya di daerah ini” tambah Sudirman. Pusat studi itu merupakan salah satu paket pengembangan Bali sebagai salah satu Kawasan Nasional Energi Bersih Terbarukan. Bali dinilai cocok, karena selain mendukung program Pemerintah Provinsi Bali, juga diharapkan mampu untuk menunjang keberadaan Bali sebagai salah satu objek wisata dunia. 

Sementara itu, Sekda Provinsi Bali Cokorda Pemayun menyatakan Pemprov Bali selain menyiapkan lahan secara administrasi akan menyiapkan MOU, ijin yang yang di perlukan dalam pembangunan tersebut. “Nantinya kita juga akan mendorong ijin yang di keluarkan oleh wilayah, dalam hal ini tentunya di Pemkab Jembrana” kata Pemayun. 

Bupati Jembrana I Putu Artha sangat mengapresiasi dan menyambut baik pusat penelitian sumber energi bersih dan terbarukan. “Saya sebagai kepala daerah sangat berterima kasih kepada bapak Menteri ESDM atas pembangunan pusat penelitian sumber energi bersih dan terbarukan. Saya harap masyarakat juga ikut mendukung pembangunan proyek tersebut. Untuk perijinan dan hal yang terkait dengan administrasi Pemkab Jembrana siap untuk membantu,” kata Artha. dep


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER