Antisipasi Ebola Masuk Bali, Sanglah Siapkan Ruang Isolasi

  • 13 Agustus 2014
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1689 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com – Merebaknya virus ebola membuat Rumah Sakit Sanglah Denpasar, Bali melakukan langkah antisipasi. Salah satunya RS. Sanglah kini  menyiapkan ruang isolasi khusus untuk mengantisipasi pasien terjangkit virus ebola. Kesiapan Rumah Sakit Sanglah Denpasar,  diantaranya dengan menyiapkan ruang isolasi empat kamar dan juga staf khusus termasuk perangkat medis khusus penanganan penyakit menular.
 
Direktur Pelayanan Medik Rumah Sakit Sanglah Denpasar Bali, Anak Agung Jaya Kusuma, mengatakan pihaknya juga telah melakukan komunikasi dengan pihak Bandara Ngurah Rai Denpasar, dan juga pihak pelabuhan di Bali.  " Kemungkinan pasien terjangkit virus ebola datang dari bandara dan pelabuhan, karena Bali merupakan daerah tujuan wisata dunia,"ujarnya.
 
Gejala terjangkit virus ebola antara lain demam, sakit kepala, nyeri sendi, diare, muntah-muntah, dan akhirnya dehidrasi berlanjut kematian. Hingga saat ini, tidak ada vaksin maupun obat untuk Ebola. Yang bisa dilakukan hanya mengobati gejala simtomatisnya dan menjaga daya tahan tubuh.   Badan kesehatan dunia (WHO) menetapkan Ebola sebagai epidemi  global. Pemerintah Indonesia telah melakukan kesiapan mencegah masuknya ebola ke dalam negeri. Virus Ebola mewabah di beberapa negara seperti Liberia, Guinea, dan Sierra Leonne.bbn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER